Visca Barca,

Selamat datang di web Barca Blaugrana bagi pecinta sepakbola khususnya para penggemar Barcelona. Maksud & tujuan website ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan sesama pendukung Barcelona dalam berinteraksi, berbagi info & berdiskusi mengenai berbagai hal menyangkut klub kebanggaan kita bersama. saran dan kritikan akan kami terima untuk kebaikan website ini. Sekian dan terima kasih.

FIDELITAT BLAUGRANA SENSE LIMITS, SOMOS LOS MEJORES, VISCA BARCA.

Minggu, 20 Januari 2013

Barca Kalah Dan Rekor Terhenti, Bukan Akhir Dari Segalanya



Tito Vilanova akhirnya menelan kekalahan perdana di ajang Laliga. Start “second half” liga gagal dilalui dengan baik oleh Xavi Hernandez dkk. Barca takluk di Estadio Municipal kandang Real Sociedad. Tuan rumah berhasil comeback sempurna setelah sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Lionel Messi dan Pedro. Brace dari Castro dan gol di menit injury time babak kedua oleh Agirretxe membuat Blaugrana harus meninggalkan stadion tanpa poin. Dengan hasil di jornada 20 ini, Barca masih tetap memimpin puncak klasemen Laliga dengan poin 55. Jika Atletico yang baru bertanding hari ini berhasil menang ataupun seri, maka jarak keduanya akan terpangkas.
Tito menurunkan formasi pemain dengan rata-rata kondisi bugar di pertandingan kali ini. Beberapa pemain yang tidak ikut bermain di midweek saat Copa Del Rei menjadi starter. Iniesta kembali bermain di depan menemani Messi dan Pedro. Xavi, Sergio dan Cesc menjadi trio gelandang baru yang beberapa match terakhir mulai dipakemkan Tito. Meski sempat unggul cepat lewat Messi dan Pedro, keyakinan untuk memperpanjang rekor dan terus menang sepertinya akan sulit diraih di pertandingan kali ini. Tuan rumah bermain terlalu baik bagi tim tamu, dan sekarang Tito tahu mengapa rival juga bisa kalah oleh mereka. Barca bermain kurang baik sepanjang pertandingan, pun para pemain.
Kartu merah yang diterima oleh Pique memang layak. Kartu kuning pertama yang tidak perlu, dan kartu kuning kedua karena tekel nya yang terlambat. Duet Alves-Alba juga bermain buruk di match kali ini. Selain crossing yang cantik untuk gol Pedro, sepanjang pertandingan Alves lebih terlihat sering melakukan “foul” daripada merebut bola dari pemain lawan. Gol pertama lawan juga karena tipikal gaya bertahan Dani, terlalu banyak memberi waktu kepada lawan untuk bisa mengoper bola, terlalu lama dalam hal menekan pemain lawan di daerah pertahanan. Kemampuan Alba bertahan memang tidak sebagus Alves, selalu terlihat panik saat mendapatkan tekanan, dan kurang percaya diri saat menggunakan kaki kanannya.
Iniesta, Sergio dan Cesc juga bermain rata-rata. Meski beberapa umpan cantik tetap dilakukan ketiganya, saat Barca kehilangan Pique, trio gelandang ini terlalu bermain bertahan. Tidak merebut bola secara cepat di lapangan tengah. Dan sederhananya, tim tidak bisa melakukan penguasaan bola secara lebih lama. Senang bisa melihat Pedro mencetak gol lagi, dan memperlihatkan bahwa penyerang Barca selain Messi bisa ikut membantu menyarangkan si kulit bundar. Iniesta dengan dribble dan pergerakannya yang mengagumkan, mesti dirinya sedikit beruntung, yang seharusnya juga bisa diusir keluar lapangan karena tekel telat nya. Messi membuat satu kesempatan bagus di awal pertandingan saat duel satu lawan satu. Overall dirinya tidak cukup mendapat suplai bola saat tim bermain dengan 10 orang, dan sibuk bertahan sehingga kehilangan penguasaan bola. Keputusan yang patut dipertanyakan kepada Tito, yakni tidak melakukan pergantian pemain yang cukup efektif saat tim kekurangan pemain. Padahal Tito masih mempunyai dua kali kesempatan setelah Mascherano masuk.
Barca akhirnya mengalami kekalahan perdana di liga musim ini, pun rekor start sempurna yang akhirnya terhenti di pekan ke-20 ini. Jika melihat pencapaian musim lalu, Barca juga ditahan imbang di pekan ke-3(pertandingan kedua musim itu) oleh Real Sociedad dengan skor 2-2. Dan statistik di musim lalu, 20 pekan berlangsung Blaugrana mencatat 14 kali kemenangan, 5kali seri dan sekali kalah. Kita tidak bisa meminta start yang lebih baik dari yang ada sekarang. Kalah dan menang dalam pertandingan itu biasa. Performa tim menurun? Bermain seri di CDR saat melawan Malaga, dan akhirnya kalah oleh Real Sociedad di liga. Selisih poin di liga yang masih aman, dan sebagian besar pemain dalam kondisi yang baik. Meningkatkan performa di awal tahun lebih mudah daripada harus memilihnya saat intensitas jadwal pertandingan lebih ketat daripada sekarang. Barca harus bangkit? Tim sedang tidak dalam kondisi terpuruk, hanya kekalahan biasa yang menghampiri. Musim masih panjang, belum ditentukan dan semua masih bisa terjadi. Tetap bertanding dengan semangat dan intensitas seperti biasanya, kemenangan pun akan kembali diraih. Visca Barca!!
Laliga Jornada 20
Real Sociedad 3 – 2 FC Barcelona
Gol : Gonzalo Castro (’41, ’62), Imanol Agirretxe (’90) – Lionel Messi (’7), Pedro (’25)
Line Up :
FC Barcelona (4-3-3) : Valdes, Alves, Pique, Puyol, Alba, Xavi, Sergio, Cesc (Mascherano), Iniesta, Messi, Pedro (Adriano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar